Syarat dan Cara Monetisasi Youtube 2022

Syarat dan Cara Monetisasi Youtube
Syarat dan Cara Monetisasi Youtube - Cara untuk monetisasi YouTube serta syarat monetisasi Youtube yang wajib anda ketahui, sebelum menjadi seorang Youtuber atau konten kreator.

Terlebih lagi, jika anda ingin memperoleh uang dari Adsense Youtube, dan simak syarat-syaratnya yang akan kami bagikan berikut ini.

Monetisasi Youtube adalah suatu bentuk apresiasi pihak Youtube terhadap semua karya konten milik anda yang berupa konten video dan juga sudah ditonton oleh begitu banyak orang.

Monetisasi Youtube ini adalah sebuah proses penyisipan iklan di dalam setiap video yang sudah anda buat.

Sekarang ini Adsense YouTube merupakan salah satu sumber penghasilan yang lumayan menjanjikan, yang bisa membuat hampir semua Youtuber akan mengaktifkan iklan Adsense pada setiap video yang dimiliknya.

Akan tetapi, pihak YouTube akan memberikan beberapa syarat sebelum anda dapat melakukan monetisasi dan juga menghasilkan uang dari konten video milik anda.

Dan berikut ini beberapa syarat dan cara monetisasi Youtube yang harus anda lakukan.


Syarat dan Cara Monetisasi Youtube


Syarat dan Cara Monetisasi Youtube

Syarat dan Cara Monetisasi Youtube
Syarat dan Cara Monetisasi Youtube
Sebelum kita membahas mengenai bagaiman cara untuk melakukan monetisasi YouTube, anda perlu memperhatikan beberapa yarat-syarat yang akan diminta.

YouTube pastinya akan menerima permintaan monetisasi dari akun Youtube yang populer dan sebagaimana dampaknya akan begitu signifikan untuk bisnis.

Oleh karena itu, sudah dibuat ketentuan dan juga syarat monetisasi Youtube untuk para konten kreator video yang mau memperoleh bayaran dari akun miliknya, yakni:
  • Mengikuti semua aturan dan juga kebijakan dari monetisasi akun YouTube.
  • Kebijakannya itu beragaai macam, mulai itu dari pembatasan konten video yang tidak boleh berisi tentang pornografi, kekerasan, hingga memastikan jika konten video yang diunggah tersebut tidak akan melanggar hak cipta.
  • Tinggal di wilayah atau negara tempat program YouTube Partner yang sudah tersedia, di dalam hal tersebut negara Indonesia sudah termasuk ke dalam lingkup dari wilayah tersebut.
  • Mempunyai lebih dari 4.000 jam tayang dalam atau selama 12 bulan yang terakhir, yang dimana artinya jumlah jam tayang dari konten anda itu jika ditotal sudah mencapai 4.000 jam.
  • Memiliki lebih dari 1.000 pengikut atau subscribers.
  • Sudah terhubung dengan sebuah akun AdSense.

Walaupun anda sudah memenuhi syarat yang ada di atas ini, namun itu bukan jaminan jika monetisasi akun Youtube milikmu itu akan langsung diterima oleh pihak YouTube.

Bahkan ada beberapa akun Youtube yang sudah memenuhi syarat yang diatas ini ditolak oleh pihak Youtube.

Hal yang paling penting yaitu anda perlu mengaktifkan terlebih dahulu monetisasi atau dengan istilah lainnya untuk mengaktifkan Google AdSense.

Dan berikut ini langkah-langkah cara untuk mengaktifkan Google AdSense:
  • Silahkan klik ikon akun YouTube yang berada di pojok sebelah kanan atas.
  • Kemudian masuk ke dalam pilihan opsi “Creator Studio”.
  • Pada bagian sebelah kiri menu pilih opsi “Channel”.
  • Setelah itu klik opsi “Status and features”.
  • Lalu klik enable pada pilihan “Monetization”.
  • Dan ikuti semua perintah yang sudah tertera pada halaman tersebut

Dan kemungkinan besar yang akan bisa membuat monetisasi tersebut ditolak oleh pihak YouTube yaitu karena tidak bisa memenuhi kebijakan dan juga persyaratan yang sudah diminta.

Namun tenang saja, jika anda ditolak, anda dapat melakukan pendaftaran lagi di dalam jangka waktu 30 hari sesudahnya.

Setelah memastikan anda telah memenuhi persyaratan, dan juga daftar Google AdSense YouTube anda telah diterima.

Dam berikut ini beberapa syarat dan cara monetisasi Youtube yang dapat anda pilih:


1. Dari Google AdSense atau iklan.

Cara melakukan monetisasi Youtube yang kali ini yaitu dengan anda mengandalkan iklan sebagai pemasukan yang utama.

Anda dapat mengatur iklan yang akan tayang di dalam konten video milikmu itu dan juga tempat posisi iklan itu akan ditayangkan.

Fitur yang ini bakalan muncul, jika proses pendaftaran akun Google AdSense yang telah tertera di atas ini sudah disetujui oleh pihak YouTube.


2. Dengan Merchandise

Fitur yang kali ini memungkinkan akun Youtube yang menonton dapat melihat merchandise yang sudah anda tawarkan di dalam laman video.

Syarat khusus buat dapat berjualan di dalam akun YouTube yaitu harus minimal sudah berumur 18 tahun dan juga mempunyai 10.000 subscribers.

Cara melakukan monetisasi YouTube dengan menggunakan fitur Merchandise Shelf:
  • Silahkan login ke dalam “YouTube Studio Beta”.
  • Di dalam menu yang berada di sebelah kiri, anda akan dapat melihat opsi “Monetisasi”, dan silahkan untuk di-klik.
  • Kemudian klik pilihan opsi “Merchandise”, opsi yang ini akan muncul jika persyaratan khususnya telah terpenuhi.
  • Dan ikuti petunjuk yang sudah tertera pada layar.


3. Dengan Super Chat

Di dalam YouTube, sekarang ini anda sudah dapat melakukan live streaming atau siaran langsung dan juga bisa disaksikan oleh para masyarakat secara luas.

Penonton dapat dengan begitu bebas mengirimkan anda pesan di saat melakukan live streaming dan bahkan pesan itu dapat disorot oleh begitu banyak orang.

Cara untuk melakukan monetisasi Youtube yang kali ini itu dinamakan dengan sebuah fitur Super Chat dan disaat anda memakai fitur ini, anda bakal memperoleh bayaran.


4. YouTube yang Premium

Cara melakukan monetisasi Youtube yang selanjutnya yaitu lewat fitur Youtube Premium, dan di sini anda cukup mengalihkan saja akunmu ke dalam versi yang premium.

Dengan menggunakan cara ini, anda akan memeprleh bayaran dari setiap orang yang sudah menonton konten video milikmu, namun fitur yang kali ini belum bisa berlaku di Indonesia.


Akhir Kata

Demikianlah beberapa syarat dan juga beberapa cara untuk melakukan monetisasi Youtube yang bisa anda ikuti.

Seperti yang sudah kam bahas, tinggal di wiliaya atau negar atau wilayah tempat dari Program Partner YouTube ini tersedia.

Tidak akan terdapat Teguran Pedoman Komunitas yang masih aktif di dalam channel Youtube milik Anda.

Itulah dia seluruh bahasan kami pada artikel yang kali ini tentang syarat dan cara monetisasi Youtube. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel