Cara Agar Pinjol Tidak Sebar Data 2022

Cara Agar Pinjol Tidak Sebar Data
Cara agar pinjol tidak sebar data khusus untuk penyebaran data pribadi yang sudah dilakukan oleh penyebaran data pribadi yang sudah dilakukan oleh pinjaman ilegal tersebut.

Tentunya hal tersebut akan menimbulkan kekhawatiran untuk para masyarakat yang sudah menjadi korban.

Sudah banyak sekali khasus dan juga laporan yang beredar bahwa setiap nasabah yang bisa memenuhi kewajiban hutungannya, data mereka akan disebar melalui media sosial.

Tindakan agresif penagihan yang sudah dilakukan oleh penyelenggaraan pinjol ilegal dengan cara menyebarkan data pribadi nasabah pastinya akan melanggar hukum yang sudah berlaku.

Apalagi si pinjol tersebut belum resmi terdaftar secara legalitas dalam OJK.

Karena melihat khasus dan juga fenomena yang sudah terjadi saat ini, ada baiknya anda mengetahui acara supaya pijol tidak menyebarkan data anda sebagai langkah previnyif, dan untuk keamanan anda.

Di bawah ini sudah ada beberapa cara supaya pijol tidak menyebarkan data pribadi anda.

Untuk lebih jelasnya, silahkan anda simal cara agar pinjol tidak sebar data yang sudah ada di bawah ini sampai selesai yaa gess yaa !!!


1. Cara Agar Pinjol Tidak Sebar Data Anda

Cara Agar Pinjol Tidak Sebar Data
Cara Agar Pinjol Tidak Sebar Data Anda
Tersebarnya data pribadi yang dilakukan oleh pinjol ilegal tersebut bisa membrikan kerugian yang sangat besar untuk pemiliknya.

Oleh karena itu si korban bukan hanya berdiam diri dan menerima prilaku dari si pinjol ilegal tersebut, melain kan para nasabah harus melakukan sesuatu agar data oribadi anda tidak tersebar.

Di bawah ini sudah ada beberapa cara agar pinjol tidak sebar data pribadi anda ke media sosial, yaitu sebagai berikut:


A. Jangan Memberikan Akses Kontak Dalam Handphone

Cara agar pinjol tidak sebar data yang pertama adaah dengan tidak memberikan akses untuk ke kontak anda.

Karena setiap pemasangan aplikasi yang baru pastinya setiap aplikasi yang berbasis fintech akan meminta izin untuk mengakses data dan juga fitu tertentu salah satunya mengakses kontak anda.

Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan sebaiknya anda tidak memberikan izi akses kepada aplikasi tersebut.

Namun ada kemungkinan jika akses tersebut tidak diizinkan maka aplikasi tidak bisa menggunakannya sebagaimana mestinya.

Hal tersebut memang akan membuat anda tidak bisa menggunakan aplikasinya, namun hal tersebut merupakan salah satu cara supaya pinjol tidak bisa menyebarkan data pribadi anda.


B. Pahami Syarat dan Juga Ketentuan

Cara agar pinjol tidak sebar data yang kedua adaah dengan memahami syarat dan juga ketentuan yang sudah ada pada aplikasi tersebut.

Jadi sebelum anda benar-benar menggunakan aplikasinya atau mendaftarkan diri ke dalam aplikasi tersebut silahkan anda memcara syarat dan juga ketentuannya terlebih dahulu dari aplikasi tersebut.

Pastikanlah semua ketentuan yang ada tidak akan merugikan salah satu pihak dan kebijakan yang sudah dibuat oleh aplikasi pijol tesrebut tidak bisa menekan dengan indikasi ancaman.


C. Membayar Sesuai dengan Tanggal

Cara agar pinjol tidak sebar data yang ketiga adalah dengan membayar sesuai dengan tampo atau tanggal yang sudah di sepakati.

Jika anda sudah terlanjut terjerat pinjol ilegal salah satu caranya supaya data anda tidak di sebara adalah dengan membayar tepat waktu.

Tentunya dengan mengembil keputusan meminjam uang kepada pihak yang lainnya anda pastinya sudah mengethaui konsenkuensi dan juga tanggung jawab sebagai seorang peminjam.


D. Pastikan Pinjol Terdafatr di OJK

Cara agar pinjol tidak sebar data dengan memastikan bahwa pinjol yang anda gunakan sudah terdaptfar pada OJK.

Memang pada saat dalam keadaan yang sangat mendesak tidak jarang orang melakukan tindakan tanpa berfikir panjang.

Akan tetapi hal tersebut perlu anda perhatikan kembali demi meminimalisir resiko yang akan anda hadapi dekemudian hari.

Untuk itu anda harus selalu selektif dalam memilih aplikasi untuk meminjam uang secara online anda harus memastikan bahwa aplikasi tersebut sudah terdaftar pada OJK.



2. Alasan Pijol Melakukan Sebar Data

Cara Agar Pinjol Tidak Sebar Data
Alasan Pijol Melakukan Sebar Data
Setelah anda mengetahui cara agar pinjol tidak sebar data selanjutnya anda harus mengetahui alasan kenapa pinjol melakukan sebar data.

Hal yang sudah mendajadi tindakan penyebaran data yang dilakukan oleh pinjol ilegal adalah ancaman atau penuntutan supaya pihak yang sudah bersangkutan segera menyelesaikan hutangnya.

Keterlambatan pembayaran yang sudah dilakukan oleh si korban merupakan pemicu utama pinjol untuk melakukan penyebaran data tersebut.

Sudah tidak jarang korban bisa mendapatkan ancaman tersebut melalui pesan whatsapp untuk melakukan pembayaran dan juga bisa mendapatkan ancaman penyebaran data.

Sebetulnya cara supaya pinjol tidak menyebarkan data anda salah satunya adalah dengan mengetahui UU perlindungan data pribadi yang sudah dibuat oleh pemerintah.

Sehingga pada saat anda mendapatkan ancaman penyebaran data informasi anda juga bisa menyebutkan peraturan mengenai peraturan tentang perlindungan data pribadi tersebut.

Di bawah ini sudah ada UU yang mengatur mengenai perlindungan data pribadi:
  • Pasal 58 UU No.24 Tahun 2013 atas perubahan UU No.23 Thaun 2006 Tentang Admnistrasi Kependudukan.
  • UU No.11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) sebagaimana diubah oleh UU No.19 Tahun 2016 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronil; dan
  • Dalam Pasal 29 UU ITE.


Apa Itu Penyebaran Data?

Cara agar pinjol tidak sebar data kini menjadi pemasalahan untuk masyarakat supaya bisa memahami dampak negatif dari penyebaran data yang sudah dilakukan secara ilegal.

Maka dari itu anda harus mengetahui cara supaya pinjol tidak menyebarkan data anda, maka dari itu anda harus mengetahui terlebih darulu maksud dari penyebaran data itu seperti apa.

Penyebaran data atau yang sudah dikenal dengan istilah doxing tersebut merupakan sebuah tindakan penyebaran informasi seseorang yang sudah dilakukan dengan sengaja tanpa mendapatkan izin.

Tentunya dengan menyebarkan informasi pribadi seperi nomor induk kependudukan akan memberikan dampak negatuf untuk si pemilik.

Karena NIK tersebut bisa saja dimanfaatkan oleh sebagian oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan kejahatan.

Dengan demikian penyebaran data yang sudah dilakukan oleh pinjol ilegal tersebut pastinya akan memberikan dampak yang sangat buruk untuk pemilik dari data tersebut.

Dikarenakan penyebaran tersebut dilakukan dengan sengaja dan tanpa konfirmasi terlebih dahulu kepada pemilik data tersebut.

Maka cara supaya pinjol tidak menyebarkan data anda, setiap nasabah harus mengetahui beberapa langkah yang bisa dilakukan yang terkait dengan pinjol ilegal tersebut.


Akhir Kata

Itu dia seluruh ulasan yang bisa kami berikan untuk anda mengenai cara agar pinjol tidak sebar data yang sudah kami berikan di atas.

Seluruh informasi hukum yang sudah ada di artikel tersebut sudah disiapkan semata-mata hanya untuk tujuan pendidikan dan juga bersifat umum.

Untuk bisa mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus anda, silahkan anda bisa langsung konsultasikan langsung dengan konsultan hukum yang sudah berpengalaman.

Semoga ulasan yang sudah kami berikan di atas bisa menambah wawasan anda seputar aplikasi pinjol dan cara supaya data anda tidak menyebarkan data anda.

Jika anda rasa ulasan yang sudah kami berikan di atas penting, jangan lupa untuk membagikannya ke teman ataupun kerabat anda yang belum mengetahui informasi tersebuut.

Demikianlah seluruh ulasan yang sudah kami berikan untuk anda pada artikel kali ini, sekian dan semoga bermanfaat untuk anda dan selamat mencoba.
Siti Anissa Nirmala Sari Praktisi teknologi dan jurnalis senior di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel