Cara Membuat Teks Prosedur 2023

Cara Membuat Teks Prosedur
1001teknologi.com - Bagi anda yang sedang mencari bagaimana cara membuat teks prosedur, tenang saja karena di artikel ini kami sudah menyediakan pembahasannya untuk anda.

Teks prosedur merupakan salah satu materi dalam pelajaran Bahasa Indonesia, teks prosedur ini dipelajari di bangku SMA kelas XI.

Dalam kehidupan sehari-hari, teks prosedur biasa ditemui dalam produk-produk seperti makanan, kosmetik, elektronik dan lainnya.

Teks prosedur ini berupa instruksi atau petunjuk penggunaan suatu barang atau melakukan sesuatu, misalnya saat membeli Smartphone baru tentu akan disertai dengan buku petunjuk penggunaan.

Nah, buku petunjuk itulah yang berisi panduan dalam menggunakan Smartphone tersebut.

Supaya anda lebih memahami tentang teks prosedur ini, dalam ulasan dibawah ini akan kami bagikan informasi tentang apa itu teks prosedur, struktur, ciri-ciri dan cara membuat teks prosedur. Simak sampai selesai yaa!

Apa itu Teks Prosedur

Cara Membuat Teks Prosedur
Apa itu Teks Prosedur
Sebelum membahas tentang bagaimana cara membuat teks prosedur, baiknya jika anda mengetahui lebih dahulu seputar apa itu teks prosedur.

Dikutip dari e-Modul Bahasa Indonesia, Kemendikbud, teks prosedur merupakan teks yang berisi langkah-langkah dalam melakukan suatu kegiatan atau tindakan.

Teks prosedur berisi tujuan, langkah-langkah dan interprestasi (Simpulan) dari suatu kegiatan atau tindakan.

Tujuan dalam teks prosedur tersebut berfungsi sebagai pengantar atar target akan hal yang ingin dicapai, tahapannya berisi urutan kegiatan yang akan dilakukan.

Sedangkan interprestasi atau simpulan hanya bersifat pilihan atau opsional, artinya bisa ada dan bisa tidak.

Dalam kehidupan sehari-hari, teks prosedur ini dibutuhkan sebagai panduan atau pedoman dalam melakukan sesuatu.

Hal tersebut karena ada banyak hal yang tidak diketahui atau belum familiar bagi orang-orang sehingga membutuhkan panduan atau petunjuk dalam menjalankannya.

Contoh, misalnya anda ingin membuat KTP untuk pertama kalinya, tentunya anda belum tahu apa saja yang harus dilakukan.

Karena itulah anda membutuhka teks atau panduan untuk membantu anda dalam pengurusan KTP tersebut.

Ciri-Ciri Teks Prosedur

Cara Membuat Teks Prosedur
Ciri-Ciri Teks Prosedur
Teks prosedur biasanya mempunyai ciri khas tersendiri yang membedakannya dengan jenis teks lainnya.

Oleh karena itu anda bisa dengan mudah mengenali sebuah teks prosedur jika menemukan ciri-ciri dibawah ini dalam teks tersebut.

Supaya cara membuat teks prosedur anda nantinya bagus dan teratur, terlebih dahulu simak ciri-ciri teks prosedur dibawah ini, diantaranya yaitu sebagai berikut:
  • Mempunyai Poin Step by Step. Ciri paling pertama adalah terdapat panduan dan tahapan yang berisi poin-poin yang harus diikuti atau dikerjakan nantinya.
  • Menggunakan Kata Kerja Perintah. Kalimat teks prosedu umumnya menggunakan kalimat perintah yang lugas, karena teks prosedur berisi instruksi untuk melakukan sesuatu.
  • Menggunakan Kata Kerja Aktif. Teks prosedur banyak menggunakan kata kerja aktif yang menunjukkan sebuah tindakan seperti membuat, memotong, menekan dan lainnya.
  • Menggunakan Konjungsi. Teks prosedur umumnya menggunakan kata penghubung yang bertujuan menjelaskan urutan melakukan sesuatu (Kemudian atau Selanjutnya).
  • Menggunakan Kata Keterangan. Ciri lainnya adalah teks prosedur banyak menggunakan kata keterangan untuk menjelaskan sesuatu supaya lebih rinci (Waktu, tempat, alat, bahan) dan lainnya.
  • Sistematis. Sistematis artinya berurutan, masing-masing poin tersebut dibuat secara berurutan supaya mudah untuk diikuti.

Jenis-Jenis Teks Prosedur

Cara Membuat Teks Prosedur
Jenis-Jenis Teks Prosedur
Sebelum lanjut ke tutorial atau cara membuat teks prosedur, alangkah baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis dari teks prosedur.

Dalam praktiknya teks prosedur bisa dibedakan menjadi 3 jenis, diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Teks Prosedur Sederhana

Jenis teks prosedur pertama ini menjelaskan teks yang berisi panduan atau langkah-langkah melakukan sesuatu secara singkat, biasanya hanya terdiri dari 2 atau 3 langkah saja.

Contoh Teks Prosedur Sederhana: (Cara mengganti baterai remote, cara membuat kompres untuk demam, cara shutdown komputer atau laptop).

2. Teks Prosedur Kompleks

Prosedur kompleks adalah prosedur yang berisi tahapan melakukan sesuatu yang lebih rumit, biasanya menggunakan langkah-langkah yang panjang.

Contoh Teks Prosedur Kompleks: (Cara mengurus perpanjangan paspor, cara memasak Nasu Palekko, atau cara menggunakan aplikasi CorelDraw X7).

3. Teks Prosedur Protokol

Teks prosedur protokol adalah teks yang berisi panduan atau langkah-langkah yang tidak terlalu kaku.

Setiap urutan langkah-langkah dapat dilakukan tidak sesuai urutan, akan tetapi tujuan yang ingin dicapai tidak akan berubah.

Contoh Teks Prosedur Protokol "Cara memasak mie instan", artinya anda mengubah urutan memasan mie instan seperti merebus atau menuang bumbu terlebih dahulu tidak menjadi masalah.

Struktur dan Cara Membuat Teks Prosedur

Cara Membuat Teks Prosedur
Struktur dan Cara Membuat Teks Prosedur
Supaya bisa membuat dan menyusun teks editorial yang baik dan benar, terlebih dahulu anda mengetahui struktur dalam teks editorial.

Pasalnya ada 4 bagian struktur dalam teks editorial, adapun langkah-langkah dari cara membuat teks prosedur yaitu sebagai berikut:

1. Judul

Judul adalah nama dari aktivitas atau kegiatan yang hendak dilakukan, misalnya seperti "cara membuat nasi goreang, langkah mitigasi resiko bencana banjir, atau cara membuat kolam ikan sederhana".

2. Tujuan

Setelah bagian judul, biasanya dilanjutkan dengan membuat bagian pengantar umum yang berisi tujuan atau penanda atas apa yang dibuat atau dilakukan.

Tujuan seharusnya menyebutkan dengan gamblang hasil akhir yang akan didapatkan dari panduan prosedur ini.

3. Materi

Bagian materi ini bersifat opsional, artinya bisa juga tidak ada tergantung dari konteks teks prosedur yang dimaksud.

Ex. Dalam panduan memasak atau membuat kue biasanya bagian materi berisi alat dan bahan yang akan digunakan.

Akan tetapi dalam hal seperti cara menjalankan aplikasi Microsoft Powerpoint, bagian ini biasanya tidak ada.

4. Step by Step

Langkah-langkah merupakan bagian paling penting dalam teks prosedur, bagian ini berupa tahapan, urutan yang secara kronologis disusun secara urut.

Bagian langkah-langkah ini biasanya dibuat dalam bentuk poin-poin atau penomoran, bisa juga menggunakan kata penghubung seperti, lalu atau selanjutnya.

5. Simpulan

Bagian penutup ini juga bersifat opsional sesuai pilihan yang membuatnya, bagian ini cukup memotivasi orang untuk melakukan panduan tersebut.

Ex. Nah, cara membuatnya cukup mudah bukan? Selamat mencoba! atau kalimat lainnya yang baik menurut anda.

Kebahasaan Teks Prosedur

Cara Membuat Teks Prosedur
Kebahasaan Teks Prosedur
Seperti yang sudah dirangkum dalam Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia kelas XI, oleh Kemendikbud, teks prosedur umumnya menggunakan kaidah kebahasaan sebagai berikut:
  • Banyak menggunakan kata kerja Imperatif. Cirinya ditandi dengan kata kerja seperti perintah, imbauan atau larangan yang disertai dengan imbuhan -kan. -i, dan partikel -lah.
  • Banyak menggunakan kata-kata tekhnis yang berkaitan dengan topik yang sedang diulas, kata-kata tersebut memiliki makna khusus dalam suatu bidang.
  • Banyak menggunakan Konjungsi dan partikel yang bermakna penambahan seperti, selain itu, pun, selanjutnya, kemudian, oleh karena itu, setelah dan banyak lagi lainnya.
  • Banyak menggunakan pernyataan persuasif mengandung ajakan, permintaan atau imbauan kepada orang lain.
  • Jika teks prosedur berupa resep atau petunjuk menggunakan alat, gunakan gambaran terperinci tentang benda atau alat yang digunakan termasuk ukuran, jumlah dan warna.

Contoh Teks Prosedur

Seperti yang sudah kami sampaikan diatas bahwa teks prosedur berisi panduan singkat yang memudahkan pengguna mengikuti langkah-langkahnya supaya berhasil.

Dibawah ini contoh teks prosedur tentang pendaftaran UTBK.

Judul: Cara Mendaftar UTBK

UTBK merupakan ujian yang digunakan sebagai syarat seorang calon mahasiswa untuk mengikuti SBMPTN, hasil dari ujian UTBK akan dipakai untuk menyaring calon mahasiswa yang mendaftar ke sebuah PTN

Bagian Tujuan:

Pendaftaran harus dilakukan via website LTMPT selaku penyelenggara ujian ini, kalau sudah mendaftar, mahasiswa bisa mendapatkan bukti yang dapat dicetak melalui website tersebut.

Akhir Kata

Itulah pembahasan lengkap dari cara membuat teks prosedur yang dapat kami bagikan dan perlu anda ketahui.

Bagi anda yang sering membuat tutorial atau sebuah teks prosedur, pastikan menyimak ulasan diatas sampai selesai agar mengetahui cara membuat tutorial yang benar dan mudah dipahami.

Anda dapat membagikan artikel ini kepada teman, saudara atau kerabat lainnya agar sama-sama mengetahui informasi penting ini. Sekian dan semoga bermanfaat.
Siti Milda Intany Rohmah Praktisi teknologi dan jurnalis senior di 1001Media.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel